IMG-LOGO
Home Semua Berita Bupati PPU Hadiri IWWEF 2023 Untuk Mendorong Infrastruktur Air Dan Sanitasi Yang Berkelanjutan
Berita Pemerintah

Bupati PPU Hadiri IWWEF 2023 Untuk Mendorong Infrastruktur Air Dan Sanitasi Yang Berkelanjutan

oleh ADMINISTRATOR - 07 Juni 2023 110 Views
IMG

PENAJAM – Dalam rangka mendorong pembangunan infrastruktur air dan sanitasi yang berkelanjutan, Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam, hadir dalam acara prestisius Indonesia Water and Wastewater Expo and Forum (IWWEF) ke-9 yang diselenggarakan oleh Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) di Hotel Bidakarta, Jakarta (06/06/2023).

Dalam tema “Pembiayaan Kreatif untuk Infrastruktur Air dan Sanitasi dalam Mendukung Ketahanan Iklim dan Keberlanjutan,” IWWEF 2023 menjadi ajang kolaborasi bagi para pemangku kepentingan di sektor air minum di Indonesia.
IWWEF 2023 yang berlangsung selama 6 hingga 8 Juni 2023, memberikan kesempatan kepada peserta untuk menjelajahi teknologi terkini dalam pengelolaan air minum dan air limbah. Dalam acara ini, para pemangku kepentingan dapat berinteraksi, berbagi pengetahuan, dan membangun jaringan yang saling menguntungkan untuk meningkatkan ketahanan iklim dan keberlanjutan di sektor air minum.
IWWEF 2023 merupakan acara strategis yang tidak hanya melibatkan pemangku kepentingan di Indonesia, tetapi juga asosiasi air dari negara-negara ASEAN yang tergabung dalam Southeast Asian Water Utilities Network (SEAWUN) dan Australian Water Association (AWA). Kehadiran Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin, sebagai pembuka acara menegaskan komitmen pemerintah dalam mengatasi tantangan pengelolaan air yang berkelanjutan.
Dalam sambutannya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan, “Perubahan iklim membawa dampak kekeringan, kebakaran hutan, mencairnya es di kutub, dan meningkatnya permukaan air laut. Oleh karena itu, pengelolaan air secara berkelanjutan harus diwujudkan.”
Ketua Umum Perpamsi, Lalu Ahmad Zaini, menjelaskan bahwa IWWEF merupakan platform yang strategis untuk membahas inovasi dan perkembangan terkini dalam penyediaan air minum dan pengelolaan air limbah. IWWEF juga mendorong adopsi teknologi dan praktik tata kelola air yang berkelanjutan dan efisien.

Sementara itu Bupati PPU Hamdam dengan penuh semangat menyampaikan pentingnya kehadiran dalam IWWEF 2023 untuk memperkuat upaya pemerintah daerah dalam membangun infrastruktur air minum dan sanitasi yang berkelanjutan.

“Kami hadir dalam IWWEF 2023 dengan harapan dapat memperoleh pengetahuan baru dan menjalin kemitraan yang lebih luas. Infrastruktur air minum yang baik merupakan fondasi penting dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan di daerah kami,” ujar Hamdam.
Acara tersebut juga menjadi kesempatan bagi Hamdam untuk bertemu dengan pemimpin daerah dan para ahli di bidang air minum dari seluruh Indonesia. Dalam pertemuan ini, Hamdam berharap dapat memperluas jejaring kerjasama dan memperoleh ide-ide inovatif untuk memajukan pelayanan air minum di Penajam Paser Utara.
Diharapkan, melalui IWWEF 2023, kerjasama antara Bupati PPU Hamdam, dengan pemimpin daerah, para ahli, serta para pemangku kepentingan di sektor air minum dapat diperluas. Hal ini akan berkontribusi signifikan dalam meningkatkan pelayanan air minum di Indonesia dan memajukan pembangunan infrastruktur air dan sanitasi yang berkelanjutan. (Hms4/Humprot/*DiskominfoPPU)